Sabtu, 19 Oktober 2013

3 KOMET DAN 2 PLANET SIAP TAMPIL MENGHIASI ANGKASA


Bulan November hingga Desember 2013 merupakan bulan yang sangat istimewa bagi para astronom di seluruh dunia, karena beragam fenomena astronomi akan mempertunjukkan keindahannya di angkasa. Seperti telah diprediksikan pada akhir bulan November Komet ISON akan menghiasi angkasa dengan cahaya yang dihasilkan melebihi terangnya bulan purnama.

Selain komet ISON, komet lain yang juga bisa dilihat adalah komet Encke. Berbeda dengan ISON, komet ini adalah komet yang secara periodik mengorbit Matahari setiap tiga tahun- tiga bulan sekali.

Komet Encke merupakan komet dengan periode orbit terpendek yang diketahui. Komet ini pertama kali terlihat lewat pengamatan Pierre Mechain pada tahun 1786. Namun, periode orbit komet baru diketahui pada tahun 1819 oleh Johann Franz Encke.

Komet terakhir yang bisa dilihat adalah komet C/2013 RI Lovejoy yang baru saja ditemukan oleh astronom amatir asal Australia, Terry Lovejoy, pada Senin (9/9/2013).
Ketiga komet akan terlihat dengan tingkat kecemerlangan yang beragam. Sekitar tanggal 9 November 2013, ISON akan terlihat dengan magnitudo antara 6-7, Encke dengan magnitudo 6, serta Lovejoy 2013 masih redup dengan magnitudo 9.

Dengan magnitudo tersebut, pengamatan komet paling baik dilakukan dengan teleskop. Bagaimana? Siap menyambut kedatangan komet-komet itu?

Tak cuma terlihat, ketiga komet di atas juga akan menciptakan pemandangan menarik. Lovejoy, Encke, dan ISON beserta Mars dan Jupiter akan berada dalam satu garis lurus. Walaupun sulit, fenomena ini adalah kesempatan yang baik bagi penggemar astrofotografer untuk berlatih mengabadikannya.



Source : sains.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar